Alasan Pekerjaan Sales Kurang Diminati Masyarakat


Ada banyak orang yang saat ini kesulitan mencari pekerjaan, bahkan beberapa dari mereka berkata kalau mau kerja apa saja yang penting ada hasilnya.

Tapi saat ditawari pekerjaan menjadi seorang sales mereka malah menolak, berkata mau kerja apa saja yang penting jangan sales.

Sebenarnya ada apa dengan pekerjaan sales, mengapa begitu banyak orang merendahkan dan menolak pekerjaan ini.

Padahal posisi sales itu adalah posisi yang penting dalam perusahaan, bahkan kinerja seorang sales selalu dipantau dalam KPI, sehingga jika kinerja seorang sales itu bagus maka bisa mendapatkan promosi jabatan.

Setelah bertanya pada beberapa orang yang berpengalaman menjadi sales, ada beberapa faktor yang menyebabkan pekerjaan sales menjadi tidak diminati.


Tidak ada Gaji Pokok

Banyak orang mengira kalau profesi sales itu tidak ada gaji pokoknya dan hanya mengandalkan komisi penjualan.

Padahal profesi sales itu juga ada yang mendapatkan gaji pokok, bahkan ditambah dengan komisi dan prestasi penjualan.

Tapi kebanyakan sales baru memang hanya mendapatkan penghasilan berdasarkan komisi penjualan tanpa gaji pokok, namun adalah wajar karena perusahaan tidak mungkin memberikan gaji pokok pada sales yang tidak diketahui bagaimana kinerjanya.

Oleh karena itu seorang sales bisa mengejar target untuk mendapatkan promosi sehingga bisa mendapatkan keuntungan gaji pokok, komisi dan prestasi penjualan.


Anggapan Bahwa Sales Orang Lapangan

Ada stigma yang terbentuk dalam masyarakat kalau sales itu adalah orang lapangan.

Dari situ banyak yang mengira-ngira bahwa kalau keliling lapangan akan membutuhkan uang bensin dan makan, sehingga kalau tidak dapat penjualan malah tekor jadinya.

Padahal profesi sales itu tidak selalu kerja kelapangan, profesi sales itu ada banyak bentuknya tergantung dari perusahaannya.


Merasa Tidak Mampu

Banyak orang yang mundur dengan profesi sales itu bukan karena tidak mau, melainkan karena merasa tidak mampu bahkan sebelum mencoba.

Dengan menganut asas kira-kira dari ketidakmampuan maka diperhitungkan kalau mereka tidak akan mendapatkan penjualan, akhirnya kesimpulan menjadi sales tidak menghasilkan apa-apa.

Padahal dalam perusahaan selalu ada tim yang membantu tugas sales agar memudahkan mendapat penjualan.


Tidak Mau Capek

Menganggap bahwa sales itu memiliki banyak aktivitas yang melelahkan, sehingga lebih memilih untuk mencari pekerjaan yang santai.

Tidak mau report dikejar target harian sampai target bulanan.

Padahal semua pekerjaan itu pasti ada kesulitan masing-masing termasuk juga menjadi sales.


Malu Menjadi Seorang Sales

Karena banyak masyarakat yang menganggap bahwa pekerjaan sales itu adalah kelas bawahan jadi malu jika teman-teman atau keluarga tau.

Sales juga dianggap pekerjaan yang buruk karena sering menipu konsumen dan memaksa untuk membeli.

Jadi banyak juga orang yang malu menjadi sales karena akan di samakan dengan sales buruk.


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Saya seorang sales dan memang benar jadi sales itu capek apalagi yang sistem kerjanya shift di mall, bahkan saya pernah jadi sales counter tapi tetap aja disuruh cari prospek di lapangan. selain itu kita dilarang duduk, liburnya cuma 1 kali satu minggu, libur nasional tidak berpengaruh.

    saya pernah merasakan komidi 12 juta tapi tetap nggak sebanding sama capeknya.

    BalasHapus