Memahami Tujuan dan Tugas dari Seorang Sales

Taukah kamu kalau Sales itu adalah salah satu posisi yang paling dibutuhkan oleh perusahaan, karena Sales itu penting untuk bisa membuat perusahaan bertahan dan berkembang.

Karena sales itu penting maka dalam pekerjaan sales ada banyak benefit yang diberikan oleh perusahaan kepada seorang sales seperti komisi penjualan, bonus pencapaian dan ditambah dengan gaji pokok.

Tapi apakah kamu tau tujuan dari sales sehingga sales itu dianggap penting dan diberikan banyak sekali benefit.


Tujuan Seorang Sales

Sales memiliki tujuan untuk mengubah penawaran menjadi penjualan, dan menghasilkan keuntungan sesuai target yang diharapkan perusahaan.

Bukan hanya itu, tetapi setiap penawaran kepada pelanggan bisa menjadi prospek yang berkelanjutan meskipun saat itu penawaran tidak menghasilkan pembelian.

Seorang sales bertujuan untuk membangun hubungan baik dengan konsumen yang ditarget sebagai sasaran operasional yang berpotensial menjadi pelanggan.

Oleh karena itu untuk mencapai tujuan sales, maka dibuatlah rencana aktivitas penjualan sales yang dapat membantu meningkatkan hubungan seorang sales dengan konsumen.


Tugas Seorang Sales

Di dalam dunia kerja ada banyak sekali bentuk dari pekerjaan sales namun mereka semua memiliki tujuan yang sama, sehingga tugas dari sales tidak jauh berbeda yaitu :


1. Mempelajari Produk yang Dijual

Tugas pertama dari seorang sales adalah mempelajari produk yang dijual. Mengetahui fungsi dan keunggulan produk akan memudahkan Sales dalam menawarkan barang atau jasa kepada konsumen.


Selain itu seorang Sales juga harus mengetahui tentang promo yang sedang dijalankan oleh departemen Marketing sehingga bisa menjadi senjata utama yang bisa membuat konsumen tertarik untuk membeli barang atau jasa.

Sebagai tambahan juga penting untuk mengetahui produk dari kompetitor sehingga bisa menjadi bahan perbandingan dan mengatur strategi dalam memberikan perbandingan pada konsumen.


2. Menawarkan Produk

Sebagai seorang Sales maka tugas utama adalah menawarkan barang atau jasa yang dijual oleh perusahaan kepada konsumen.

Bentuk penawaran ini bisa dilakukan secara online ataupun offline, dimana bentuk dari penawaran online adalah dengan cara promosi produk di sosial media ataupun memasang iklan online.

Sedangkan penawaran secara offline bisa dengan cara canvasing yaitu terjun langsung ke lapangan untuk bertemu kosumen secara face to face untuk menawarkan produk.

Selain itu ada juga penawaran yang dilakukan by phone yaitu menghubungi konsumen untuk menawarkan produk.


3. Membuat Database Penjualan

Seorang Sales wajib membuat database penjualan untuk mempermudah penjualan di kemudian hari. Karena dengan membuat database penjualan maka kamu bisa mengetahui perkembangan dari konsumen sehingga bisa dilakukan penawaran kembali kepada mereka yang memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk membuat mereka melakukan pembelian.

Database penjualan yang secara umum digunakan oleh Sales adalah CRM atau Customer Relationship Management yang berarti membangun hubungan pada konsumen yang dilakukan secara terencana untuk mencapai tujuan Sales.


4. Bernegosiasi Dengan Pelanggan

Dalam menawarkan produk kepada konsumen maka selalu ada kemungkinan terdapat permintaan konsumen sebagai syarat yang membuat mereka mau melakukan pembelian.

Oleh karena itu seorang Sales harus memahami produk dengan baik sehingga mampu dalam melakukan negosiasi kepada calon pelanggan dan bisa mencapai kesepakatan sehingga bisa menghasilkan penjualan.


5. Menyelesaikan Penjualan

Maksudnya disini adalah bagaimana Sales memberikan produk kepada pelanggan yang telah membeli dangan cara yang baik dan benar sehingga bisa memaksimalkan kepuasan dari pelanggan. Mampu melakukan penyelesaian akhir yang membuat pelanggan puas dan menciptakan pelangan yang loyal.


Sekian penjelasan tujuan dan tugas seorang Sales secara umum yang sebenarnya ada banyak bentuk dari Sales dalam perusahaan yang memiliki aktivitas yang lebih spesifik, namun dalam pembahasan kali ini sekiranya kita bisa mengetahui dan memiliki gambaran umum dari Sales.