Apa Perbedaan Antara Sales dan Marketing Dan Mengapa Kamu Harus Tahu

Banyak orang yang menganggap Sales dan Marketing berada dalam kategori yang sama, tetapi sebenarnya kedua posisi tersebut berbeda meskipun sebagian besar aktivitasnya saling berhubungan satu sama lain.

Secara umum, Marketing adalah membangun kesadaran akan organisasi dan merek kepada pelanggan potensial. Sedangkan Sales mengubah pelanggan potensial itu menjadi keuntungan, dengan mengubah calon pelanggan itu menjadi pelanggan nyata yang menghasilkan penjualan.

Untuk menyelami lebih dalam perbedaan antara Sales dan Marketing, berikut adalah beberapa hal penting yang dapat diambil.


Sales dan Marketing


Tujuan Sales dan Marketing

Marketing difokuskan pada pengenalan merek dan produk kepada pelanggan baru atau pengenalan ulang dengan pelanggan lama. Organisasi yang menemukan cara baru untuk memasarkan diri mereka sendiri perlu menjelaskan dengan jelas apa produk atau layanan mereka, bagaimana hal itu memecahkan masalah bagi konsumen dan titik harganya. Dari sana, tim pemasaran perlu menentukan siapa yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan ini dan di mana mereka dapat menemukannya.


Sales mencakup pembuatan rencana akan tindakan, alat, sumber daya untuk menghasilkan penjualan. Tim penjualan paling tertarik untuk mengubah mereka yang memiliki kesadaran akan merek menjadi pelanggan untuk mendapatkan keuntungan. Mereka berinteraksi dengan pelanggan dan menjawab pertanyaan mereka untuk memberikan informasi yang relevan tentang produk atau layanan.


Sasaran Seles dan Marketing

Dalam Marketing bisnis tindakan mempromosikan produk perusahaan atau merek dilakukan secara luas yang dimaksudkan untuk melihat gambaran besar dan menjelaskan dengan jelas bagaimana produk atau layanan bermanfaat bagi masyarakat sehingga menghasilkan prospek potensial.


Tim Sales menandai sasaran mereka berdasarkan pelanggan potensial dan sasaran volume. Ini cenderung didasarkan pada periode waktu jangka pendek, biasanya didasarkan pada kuartal atau bulan keuangan. Sasaran dan target ditentukan oleh seberapa banyak bisnis perlu menjual untuk menghasilkan keuntungan yang cukup untuk terus beroperasi.


Strategi Sales dan Marketing

Strategi Marketing cenderung didasarkan pada pengumpulan informasi tentang audiens yang ditargetkan untuk melihat apa respon mereka. Setelah tim Marketing mengetahui siapa yang mereka targetkan dengan kampanye tertentu, mereka dapat menguji strategi. Bentuk strategi pemasaran yang paling populer termasuk pemasaran internet, pemasaran cetak, pemasaran blog, dan kelompok fokus.


Strategi Sales didasarkan pada hubungan dengan pelanggan potensial, berbicara dan mendengarkan mereka, kemudian mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Seorang wiraniaga biasanya akan terlebih dahulu menghubungi calon pelanggan melalui panggilan telepon, di acara networking atau online. Kemudian, tergantung pada cakupan produk atau layanan, mereka akan menawarkannya dengan harapan mendapatkan penjualan.


Prospek Sales dan Marketing

Prospek Marketing lebih besar daripada prospek penjualan, karena mereka mencoba menentukan audiens target dan menciptakan kesadaran. Mereka yang bergerak di bidang Marketing ingin mendapatkan prospek baru , sedangkan departemen Sales ingin memanfaatkan koneksi dengan prospek yang sudah dikenal dan pelanggan yang sudah ada.


Mengintegrasikan departemen Sales dan Marketing


Meskipun tujuan utama mereka berbeda, penjualan dan pemasaran tumpang tindih dalam banyak hal, dan harus bekerja sama. Mereka dapat menyelaraskan kepentingan mereka dengan membentuk kemitraan dan berbagi materi yang saling berhubungan yang bisa saling membantu pekerjaan dalam mencapai tujuan.


Jadi jika kamu bekerja di sebuah perusahaan, maka kamu harus tau bagaimana posisi kedua tim itu dengan jelas. Tim Marketing harus memberi tahu tim Sales saat mereka menjalankan kampanye sehingga tim Sales dapat memaksimalkan upaya mereka selama waktu tersebut.


Demikian pula, tim Sales harus membagikan data pelanggan apa pun yang mereka miliki dengan tim pemasaran, sehingga mereka mengetahui demografi audiens target, serta upaya apa yang telah dan belum berhasil.