Cara Mengatasi Masalah Sitelink Pada Website [Google Search Consule]


Google Search Consule merupakan alat yang wajib digunakan bagi semua situs web di dunia karena merupakan patokan utama untuk mengetahui bagaimana situs web dinilai oleh mesin pencarian.

Tapi apa yang akan terjadi jika didalam laporam Google Search Consule ternyata terdapa Error yang membuat penilaian mesin pencari terhadap situs web menjadi buruk, itu adalah musibah bagi para pemilik situs web. 

Salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah error pada sitelink yang tampak pada gambar dibawah ini.


Kesalahan : Parameter kueri kustom tidak ditentukan pada URL target


Timbulnya kesalahan pada sitelink dalam sebuah website akan mempengaruhi hampir semua artikel dalam situs web, sehingga diperlukan tidakan yang cepat untuk memperbaikinya.

Masalah ini biasanya terjadi karena baru mengganti template situs web sehingga terdapat ketidakcocokan pada kode html bawaan.

Untungnya masalah ini bisa diatasi dengan sangat mudah yaitu dengan menentukan kueri kustom pada URL target.

Langkah pertama

Masuk ke akun dan lakukan edit HTML, kemudian cari kode <head> (cari dengan menggunakan Ctrl + F)

Langkah kedua

Copy semua kode dibawah dan letakkan pada bagian bawah dari kode <head>, jangan lupa untuk mengganti alamat website byokumedia.blogspot.com menjadi alamat websitem kamu. Kemudian Simpan.
<script type="application/ld+json"> { "@context": "https://schema.org", "@type": "WebSite", "url": "https://byokumedia.blogspot.com/", "potentialAction": { "@type": "SearchAction", "target": "https://byokumedia.blogspot.com/search?q={search_term_string}", "query-input": "required name=search_term_string" } } </script>